Siaran Pers: Sister in Danger Tour, Diskusi Musikal Stop Kekerasan Seksual terhadap Perempuan

Monday, December 16, 2013

Kepada Yth.
Redaksi Desk Pendidikan
Redaksi Desk Hukum
Redaksi Desk Sosial

Siaran Pers

Sister in Danger Tour: Diskusi Musikal Stop Kekerasan Seksual
Terhadap Perempuan


Band Simponi (juara II Kompetisi Internasional Musik Anti-Korupsi di Belgia/Brasil, 2012) bersama Lembaga Pengabdian Hukum YAPHI menyelenggarakan 'Sister in Danger Tour', tur diskusi musikal stop kekerasan seksual terhadap perempuan ke 3 kota di Jawa Tengah pada 17-19 Desember 2013.

Data dari Komisi Nasional Perlindungan Anak pada Januari-Juni 2013, ada 535 kasus kekerasan seksual terhadap anak perempuan. Sedangkan data dari Komnas Perempuan tahun 2012, ada 4.336 kasus kekerasan seksual terhadap perempuan (14 kasus perkosaan berkelompok -gang rape-). Jika dirata-rata sejak tahun 2001 sampai 2013, setiap hari 35 perempuan Indonesia menjadi korban kekerasan seksual. Mayoritas pelaku kekerasan seksual ini adalah orang yang dekat korban, yaitu ayah, paman, kakek, abang, tetangga, sampai dengan teman sekolah/kuliah/kantor si korban.

Tur diskusi musikal adalah kombinasi dari presentasi, diskusi dan pentas musik akustik selama 2 jam di aula sekolah/balai warga, dimana band Simponi (Sindikat Musik Penghuni Bumi) mengajak peserta perempuan dan laki-laki untuk bersama-sama mendiskusikan persoalan kekerasan seksual ini. Remaja diberi informasi yang cukup dan lengkap tentang kekerasan seksual: siapa pelaku, siapa korban, berbagai jenis kekerasan, dasar hukum, kesetaraan gender, bagaimana mencegah/melawan, kenapa harus bersimpati kepada korban dan penyintas (survivor), bagaimana agar laki-laki menghormati perempuan dalam ucapan & tindakan sehari-hari, bagaimana agar perempuan berani menolak ucapan/tindakan yang melecehkan dan berani melaporkan jika menjadi korban.

Karena bentuk acaranya diskusi musikal, maka di sepanjang presentasi dan diskusi, band Simponi terus memainkan instrumen musik dan beberapa lagu yang relevan dengan materi yang sedang dibahas.

Jadwal:

Kudus: 17 Des, SMAN 1, jam 11.30-13.30
Klaten: 18 Des, Balai Desa Mlese Gantiwarno, jam 13.30-15.30
Purworejo: 19 Des, SMKN 1, jam 08.00-10.00

Personil band Simponi: M. Berkah Gamulya (pemateri, angklung, gitar, manager), Rendy Ahmad (pemeran Arai di film Sang Pemimpi; vokal & gitar), Rama Prayudha (bass), Teuku Khaiqal (cajon), Bayu Agni (gitar).

Sebelumnya, band Simponi dan Komnas Perempuan pernah menyelenggarakan Sister in Danger Tour ke 12 kota di Pulau Jawa & Pulau Bali (23 sekolah dan kampus) pada 19 Maret-31 Mei 2013 dengan total peserta 2.900 pelajar/mahasiswa.

Video klip "Sister in Danger" by @simponii :
(#1) http://t.co/HRFmDvUBm4
(#2) http://t.co/avhcd0CVFs

Besar harapan kami agar Sister in Danger Tour ini diliput oleh kawan-kawan pers agar pesan yang kami sampaikan dapat menyebar lebih luas lagi, mengingat betapa gentingnya persoalan ini. 35 korban setiap hari, bagaimana kita bisa memastikan kalau besok atau lusa bukan keluarga kita yang menjadi korban selanjutnya.

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Sampai menang nanti,

M. Berkah Gamulya
Manager/musisi Simponi (Sindikat Musik Penghuni Bumi)
081287338314, @simponii, simponi10@gmail.com

Tentang band Simponi (Sindikat Musik Penghuni Bumi):

- Juara 2 Kompetisi Dunia Musik Anti-Korupsi di Belgia/Brasilia pada 2 September 2012 lalu lewat lagu "Vonis"

- Rekor MURI pada tahun 2011 setelah sukses selenggarakan “Rock N' Green Tour: Diskusi Musikal Global Warming di 82 sekolah selama 82 hari nonstop, peringatan 82 tahun Sumpah Pemuda”.

- 2 kali mewakili Indonesia dalam Asia Pacific Environmental Youth Forum di Korea Selatan pada tahun 2011, 2012.

- Sejak tahun 2010, Simponi telah mengunjungi 181 sekolah/kampus/pesantren, dengan total peserta 19.788 pelajar/mahasiswa/santri. Bekerjasama dengan KPK, ICW, TII, Komnas Perempuan dan berbagai organisasi lain.

---------------------

twitter: @simponii
facebook: SIMPONI
free download: www.reverbnation.com/simponii
youtube channel: simponiID
blog: www.simponi10.blogspot.com

SIMPONI (Sindikat Musik Penghuni Bumi) berdiskusi dengan kord cinta, beraksi dengan nada kelestarian & bernyanyi dengan irama kemanusiaan.

SIMPONI membuka pintu kerjasama dengan berbagai pihak yang tertarik dengan gerakan pendidikan publik dengan media kesenian.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More