[Siaran Pers] Selesai: Roadshow Sister In Danger 11 Kota, Diskusi Musikal Stop Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan

Sunday, June 2, 2013


Kepada Yth.
Redaksi Desk Pendidikan
Redaksi Desk Hiburan
Redaksi Desk Sosial
Redaksi Desk Hukum

Siaran Pers
Selesai: Roadshow Sister In Danger 11 Kota, Diskusi Musikal

Stop Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan

Band Simponi (Sindikat Musik Penghuni Bumi) baru saja mengakhiri "Roadshow Sister In Danger, Diskusi Musikal Stop Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan" pada 31 Mei 2013 kemarin. Selama 37 hari perjalanan, Simponi ber-diskusi musikal dengan 2.352 pelajar/mahasiswa dari 16 sekolah/kampus di 11 kota (Bali, Jember, Malang, Surabaya, Solo, Klaten, Yogyakarta, Semarang, Batang, Cirebon, Bandung).

Sejak 29 April 2013, band Simponi (juara 2 Kompetisi Internasional Musik Anti-Korupsi di Belgia/Brasil, September 2012) melakukan Roadshow Sister In Danger dengan tujuan agar generasi muda sadar dan bisa melakukan sesuatu dengan fakta bahwa kondisi perlindungan perempuan dan anak dari bahaya kekerasan seksual (perkosaan, pelecehan, dll) sedang berada di titik darurat.

Komnas Perempuan menyatakan bahwa di tahun 2011, setiap hari ada 12 perempuan di Indonesia yang menjadi korban kekerasan seksual. Dan meningkat menjadi 20 perempuan setiap hari menjadi korban di tahun 2012.

Di setiap kunjungan ke sekolah/kampus, band yang vokalis utamanya adalah Rendy Ahmad, pemeran Arai di film Sang Pemimpi, ini mengajak peserta perempuan dan laki-laki untuk bersama-sama mendiskusikan fakta tentang korban dan pelaku, kenapa harus bersimpati kepada korban dan penyintas (survivor), bagaimana agar laki-laki menghormati perempuan dalam ucapan & tindakan sehari-hari, agar perempuan berani menolak ucapan/tindakan yang melecehkan dan berani melaporkan jika menjadi korban atau mengetahui ada korban kekerasan seksual di sekitarnya.


Karena bentuk acaranya diskusi musikal, maka di sepanjang presentasi dan diskusi, Simponi terus memainkan instrumen musik dan beberapa lagu yang relevan dengan yang sedang dibahas oleh pemateri dan peserta. Peserta di setiap sekolah/kampus sangat antusias dengan konsep diskusi musikal ini, pengetahuan dipadukan dengan kesenian. Banyak sekali pertanyaan yang muncul dari peserta di sela-sela acara, tak jarang muncul beberapa kali perdebatan ketika menyangkut hal-hal terkait nilai agama, moralitas dan adat.

Berikut jadwal Roadshow Sister In Danger yang selesai dijalani:

Bali          
29 April di Univ. Udayana
30 April di Univ. Dwijendra
2 Mei di SMKN 3 Denpasar

Jember    
4 Mei di STAIN Jember

Malang          
6 Mei di SMKN 4 Malang

Surabaya  
8 Mei di SMKN 6 Surabaya
9 Mei di Paguyuban Warga Stren Kali Surabaya (PWSS), Bratang

Solo
13 Mei di SMK Kanisius Surakarta

Klaten      
14 Mei di SMKN 1 Rota Bayat

Yogyakarta
15 Mei di SMA BOPKRI 2 Yogyakarta

Semarang
20 Mei di SMKN 8 Semarang
21 Mei di Univ. Diponegoro

Batang      
27 Mei di Pendopo Kabupaten Batang

Cirebon  
29 Mei di Institut Studi Islam Fahmina

Bandung
30 Mei di Univ. Padjajaran, Jatinangor
31 Mei di SMA Negeri I Majalay

Personil Simponi: Rendy Ahmad (pemeran Arai di film Sang Pemimpi; vokal & gitar), Rama Prayudha (bass), Andru Steven (drum), Paul Simatupang (gitar), M. Berkah Gamulya (angklung, gitar, penulis lirik).


Roadshow Simponi ini didukung oleh Komnas Perempuan, YSIK, ICW, Perempuan Mahardhika, Vertical Horizon, LBH Apik Bali, UPM Millenium STAIN Jember, Savy Amira, Paguyuban Warga Stren Kali Surabaya, SPEK HAM, Rifka Annisa, LRC-KJHAM, HMJ Sejarah UNDIP, FANTA, Fahmina Institute, Sapa Institut, BEM FPIK UNPAD.

Besar harapan kami siaran pers ini dijadikan berita oleh kawan-kawan pers agar pesan yang kami sampaikan dapat menyebar lebih luas lagi. Foto-foto kegiatan silakan dicopy dari akun facebook Rendy Ahmad Syaifullah: http://www.facebook.com/rendy.ahmadsyaifullah/photos?collection_token=100002188363891%3A2305272732%3A6

Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih.

Depok, 2 Juni 2013

Sampai menang nanti,

M. Berkah Gamulya
Manager/musisi SIMPONI
081287338314
@simponii
simponi10@gmail.com

Prestasi band Simponi:
- Juara 2 Kompetisi Dunia Musik Anti-Korupsi di Belgia/Brasilia pada 2 September 2012 lalu lewat lagu "Vonis"
- Rekor MURI pada tahun 2011 setelah sukses selenggarakan “Rock N' Green Tour: Penyuluhan & Musik Global Warming di 82 sekolah selama 82 hari nonstop, peringatan 82 tahun Sumpah Pemuda”.
- 3 kali mewakili Indonesia dalam Asia Pacific Environmental Youth Forum di Korea Selatan pada tahun 2011, 2012, 2013.
- Sejak tahun 2010, Simponi telah mengunjungi 142 sekolah/kampus/pesantren/panti asuhan, dengan total peserta 15.188 pelajar/mahasiswa/santri. Dan telah bekerjasama dengan KPK, ICW, TII, Komnas Perempuan dan berbagai organisasi lain.

0 comments:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More